Senin, 25 Agustus 2008

Orang-orang Besarpun Berdoa

Jalan Doa, walaupun sulit dan tidak rata, namun telah ditempuh oleh orang-orang yang telah mencapai tingkat yang tinggi di bidang rohani.
  • Samuel Rutherford telah melakukan amat banyak bagi Kristus. Apakah rahasianya? Setiap pagi dia bangun pukul tiga untuk bercakap-cakap dengan Tuhan.
  • Keheningan malam yang gelap di Skotlandia dipecahkan oleh rintih tangis yang memilukan hati, ketika John Welch berdoa. Pernah ia mengatakan bahwa harinya tidak dipergunakan sebagaimana mestinya, bila ia tidak berdoa seorang diri selama delapan atau sepuluh jam.
  • Diceritakan bahwa Uskup Andrews, yang terkenal dan berhasil itu, menggunakan lebih dari lima jam setiap harinya untuk berdoa dan menekuni Alkitab.
  • Setiap hari Charles Simeon bangun dari ranjangnya, berlutut dan berdoa dari pukul empat pagi sampai pukul delapan.
  • Martin Luther mengatakan bahwa doa adalah karya suci yang sangat diharuskan. Ia mengakui, ”Bila saya tidak berdoa selama dua jam setiap pagi, maka iblis akan menang pada hari itu. Saya mempunyai begitu banyak tugas yang tak dapat saya lakukan tanpa menggunakan tiga jam sehari untuk berdoa.”
  • Walapun kehidupan John Wesley merupakan contoh terbaik dari orang-orang yang bekerja, namun saat-saat yang paling baik digunakan untuk berdoa. Semboyannya adalah, ”Dunia adalah jemaatku.” Bagaimana dia mencapai tujuan-tujuan yang kudus itu? Dia tak pernah bepergian kurang dari 4.500 mil setahunnya. Sering ia bepergian 8.000 mil dalam setahun. Sejak umur 36 tahun ia berkeliling sebagai pengkotbah Metodis, bepergian lebih dari 225.000 mil, berkotbah lebih dari 40.000 kali. Sering ia berkotbah kepada jemaat yang berjumlah 20.000 orang tanpa dibantu alat pengeras suara. Rupanya keadan cuaca tak pernah mengganggu Wesley. Bila hujan turun dengan derasnya atau tanah tertutup embun beku, pelayanannya berjalan terus. Seringkali kotbahnya berlangsung beberapa jam. Akan tetapi setiap perjalanan dan kotbahnya didukung oleh doa dan air mata.
  • Kekuatan rohani Wesley diperoleh melalui doa yang setia dari seseorang. Kebanyakan orang mengenang keberhasilan dan keistimewaan Wesley bersaudara, tetapi melupakan doa seorang ibu. Sementara John dan Charles mengadakan kebaktian-kebaktian penginjilan, ibu mereka tekun dalam doa. Sayang sekali, kita tidak mempunyai catatan mengenai orang-orang lain yang berpuasa dan berdoa bagi Wesley bersaudara.
  • Banyak orang yang telah berdoa, bekerja untuk penginjil-penginjil ini yang berkotbah dan menyanyi sehingga menjadi termasyur di kalangan Kristen. Tak seorangpun yang menyanjung pekerjaan banyak hamba Tuhan yang tak dikenal ini. Hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa mereka ikut memperbesar pengaruh rohani Wesley bersaudara.

Tetapi camkanlah fakta ini: di balik rahmat yang menyelamatkan setiap insan ada doa seseorang.

Tidak ada komentar: