Kamis, 14 Agustus 2008

Mengapa Harus Berdoa

Watchman Nee

Ketika Allah bekerja, Ia melakukannya dengan aturan-aturan.Walaupun Ia bisa melakukan apa saja yang dikehendakiNya, Ia tidak bertindak sembarangan. Ia selalu bertindak sesuai dengan hukum dan prinsipNya yang pasti. Tanpa perlu diragukan, Ia bisa mengabaikan semua hukum dan prinsip ini karena Ia adalah Allah dan Ia mampu untuk bertindak sesuai dengan kehendakNya. Namun demikian, kita temukan dalam Alkitab satu kenyataan yang sangat mengherankan. Walaupun Ia mampu bertindak menurut kehendakNya, Ia selalu bertindak menurut prinsip atau hukum yang telah Ia tetapkan. Nampaknya Ia membatasi diriNya sendiri untuk diatur oleh hukum-hukumNya. Apa yang menjadi hukum atau prinsip yang mengatur tindakan Allah? Doa. Allah menghendaki manusia untuk bekerja sama dengan Dia melalui doa.

Seorang Kristen yang tahu cara berdoa pernah mengatakan bahwa semua pekerjaan rohani selalu melalui empat tahap.

  • Tahap pertama: Allah mempunyai rencana atau kehendak.
  • Tahap kedua: Allah menyatakan kehendakNya ini kepada kita, anak-anakNya, melalui Roh Kudus sehingga kita tahu apa yang Ia kehendaki.
  • Tahap ketiga: kita menyatakan kehendakNya di dalam doa kita kepada Dia. Kita menanggapi, kita "mengembalikan" kehendakNya dengan cara berdoa kepada Allah. Doa adalah tanggapan kita terhadap kehendak Allah. Doa harus lahir dari Allah dan kemudian harus ditanggapi oleh kita untuk kemudian kembali kepada Allah.
  • Tahap keempat: Allah menjawab doa kita, melakukan apa yang menjadi kehendakNya.

Hanya doa yang seperti itu yang berarti. Semua pekerjaan Allah diatur oleh doa yang demikian. Betapa banyak yang Allah ingin untuk dilakukan, tetapi Ia tidak melakukannya karena umatNya tidak berdoa. Ia akan menunggu sampai manusia setuju dengan Dia. Ini adalah prinsip yang penting di dalam pekerjaan Allah dan merupakan satu dari beberapa prinsip paling penting di dalam Alkitab.

  • Kamu tidak memperoleh apa-apa karena kamu tidak berdoa - Yakobus 2:4
  • Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam namaKu. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu - Yohanes 16:24
  • Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepadaNya - Matius 7:11
  • Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. - Yohanes 15:7
  • Jika kamu meminta sesuatu kepadaKu dalam namaKu, Aku akan melakukannya - Yohanes 14:14

Tidak ada komentar: